SCENE 1 | ||
1. | ||
PEMAIN : 1. Pak Bahruddin 2. Pak Narto 3. Udin | ||
( | ||
Pak Bahruddin | : | “Tok…tok…tok Assalamu’alaikum Wr. Wb.” |
Pak Narto | : | “ |
Pak Bahruddin | : | ”Begini lho Pak… ( |
Pak Narto | : | ”Wah Pak Bahruddin anda benar-benar jenius. Saya tak bisa membayangkan bagaimana jika anda yang terpilih menjadi presiden. Pasti tidak akan ada lagi anak yang seperti kakak-kakaknya si Udin. Mereka putus sekolah tanpa arah yang jelas.” |
Udin | : | ( Udin membuka pintu kamar sedikit dan perlahan, ingin melihat ekspresi Pak Baruddin saat dipuji oleh ayahnya ) |
Pak Bahruddin | : | ”Bagaimana, Pak ? Udin boleh bergabung membangun sekolah yang sehat ini bersama kami.” |
Pak Narto | : | “Subhanallah ….”( |
Pak Bahruddin | : | “Ini Pak, tisu dan embernya biar nanti tidak banjir disini.” |
Pak Narto | : | “ |
Pak Bahruddin | : | “Ini sekolah untuk semua, |
Pak Narto | : | “Saya serahkan semua pada Udin, saya yakin ini memang pilihan dia.” |
Pak Bahruddin | : | “Nanti malam, bapak datang ke rumah saya untuk mengikuti rapat tentang sistem persekolahan kita. Kita akan melakukan suatu perubahan baru tentang pendidikan |
SCENE 2 | ||
PEMAIN : 1. Pak Achmad 4. Didil 7. Udin 2. Hilmy 5. Fina 3. Rara 6. Emy | ||
2. | ||
( Enam orang siswa dan seorang Guru sedang asyik menikmati proses belajar mengajar di sekolah barunya, | ||
Pak Achmad | : | “Assalamu’alaikum Wr. Wb.” |
Semua Siswa | : | “Wa’alaikum salam Wr. Wb.” (Jawab semua siswa serempak ). |
Pak Achmad | : | “Untuk memulai pelajaran pada pagi hari ini mari kita berdoa bersama-sama. Berdoa mulai ….selesai!. Sekarang pelajaran Biologi. Pada kesempatan kali ini kita akan melakukan penelitian secara langsung. Rara dan Emy kalian berdua dapat tugas membuat artikel tentang bunga. Fina dan Didil, kalian dapat tugas membuat artikel tentang pohon mangga. |
Hilmy | : | “Wah… harus ke sawah ni pak!.” |
Pak Achmad | : | “Ya iya lah, masak ke sungai emang mau mandi ?.” |
Rara | : | “Wah…cocok banget tu |
Hilmy | : | “Enak aja wajah kayak Ariel Peterpan gini dibilang kayak orang-orangan sawah.” |
Emy | : | “Wow…Ariel Peterpan yang sedang manjat pohon pisang kali….” |
Fina | : | “Hu…..a…...ha……ha……ha.” |
Hilmy | : | “Awas kalian .” ( Hilmy mengepalkan tangannya ). |
Pak Achmad | : | “Sudah-sudah kalian ini ribut melulu segera laksanakan tugas.” |
SCENE 3 | ||
PEMAIN :
| ||
3. EXT : SAWAH – | ||
( Udin dan Hilmy sedang asyik melaksanakan tugas di sawah. Tiba-tiba mereka dikejutkan oleh seekor hewan yang mereka belum kenal ). | ||
Hilmy | : | “Eh Din….Din apaan tuh.” |
Udin | : | ( Udin melongok kemudian menggeser serampangan padi dan ngedekatin ). “ Cacing .” |
Hilmy | : | “Bukan, binatang aneh.” |
Udin | : | “Iya tapi apaan ?.” |
Hilmy | : | “Apaan ya ! ( Hilmy memegang kepalanya, memutar otak ). |
Udin | : | “Gampang nanti kita cari di internet. Sudah, ayo kembali ke kelas.” ( setelah menyelesaikan penelitian tanaman padi Udin dan Hilmy kembali ke kelas sambil membawa binatang aneh yang mereka temukan ). |
SCENE 4 | ||
PEMAIN : 1. Pak Achmad 4. Didil 7. Udin 2. Hilmy 5. Fina 3. Rara 6. Emy | ||
4. | ||
( Setelah menyelesaikan tugas yang diberikan | ||
Hilmy | : | “Wah kurang ajar banget mereka” ( |
Didil | : | “Mereka siapa maksudmu Hil ?” |
Hilmy | : | “Itu tu anak |
Fina | : | “Emangnya ada apa dengan mereka?” ( |
Hilmy | : | “Masak ……. Saat aku sama Udin melakukan penelitian di sawah tadi mereka bilang gini, Idih-idih …sekolah kok di sawah sih. Nggak pakai seragam lagi. Jaman gaul men….Terus mereka tertawa terbahak-bahak” |
Emy | : | “Terus kamu diam aja ?” |
Hilmy | : | “Ya nggak lah!. Terus terang aku tidak terima sekolah kita dilecehkan seperti itu. Aku pasang kuda-kuda dan tanganku ku kepalkan, siap meninju mereka. Gayaku persis si Jojon yang sedang beraksi di arena tinju. Tapi Udin payah aku baru mau melangkahkan kaki, e… Udin malah menekan pundakku dan menghentikan langkahku.” |
Udin | : | ( Udin hanya tersenyum dan masih sibuk memperhatikan binatang yang ditemukan di sawah ). |
Rara | : | “Wih…apaan tuh Din” ( Rara, Didil, Fina dan Emy langsung mendekat kebinatang yang dipegang Udin ) |
Udin | : | “Bentar aku cariin” ( Nggak lama, udin langsung disibukkan dengan berbagai situs ) |
Udin | : | “Idih apaan tuh ? Bokong nyedit ?” |
Pak Achmad | : | “Eit…diclose mas Udin. Itu nggak boleh kita lihat” ( |
Udin | : | “Sorry Pak, sorry ….!.” |
Hilmy | : | “Udah Din biar aku yang cari” ( Beberapa saat setelah otak-atik sana-sini Hilmy akhirnya menemukan binatang yang persis sama binatang yang dibawa dari sawah ). “Ketemu……!. Ternyata dia punya nama salamander. Dia sejenis cacing yang punya kaki. Dia termasuk hewan amfibi yang bisa hidup di air dan di darat.” |
Pak Achmad | : | “Sudah-sudah sekarang kembali ke tempat duduk masing-masing. |
Hilmy | : | ( Hilmy diam menyandarkan tubuhnya di kursi dengan santainya dan iseng korek kuping pakai pulpen ). |
Udin | : | ( Biasa saja, datar, dan nggak pakai senyum ). |
Rara | : | “Belum tahu Pak !” |
Pak Achmad | : | “Gunanya internet itu untuk membantu kita dalam proses belajar. Tapi disini ditegaskan tidak diperuntukkan untuk hal-hal yang…..yah ….. istilahnya tidak ada gunanya. Contohnya situs porno seperti tadi. Itu hanya akan merusak pikiran, kemudian masuk ke hati. Padahal tujuan sekolah kita bukan itu. Kita wajib belajar untuk meningkatkan kebaikan bukan memperburuk situasi.” |
Emy, Fina, dan Didil | : | ( Mengangguk-angguk tanda mengerti ) |
Pak Achmad | : | “Oke paham ya.” |
Udin | : | “Kalau pornonya kartun pak ?.” |
Pak Achmad | : | “Wah… kalau kartun…selama itu membuat fikiran kita jadi macem-macem ya tetep nggak boleh. Kalau bisa kita menjelajah komputer itu harus ke hal-hal aneh dalam tanda kutip. Taruhlah kita pingin seperti Albert Einsten. Suatu saat, syukur-syukur bisa ,mengemukakan penemuan pada komputer. |
Hilmy | : | “Ha…ha…ha…” ( Hilmy malah ketawa ) |
Pak Achmad | : | “Loh, segala sesuatu |
Hilmy | : | “Nggak, bisa-bisanya computer sampai falak. Ha…ha…ha….” |
Didil | : | “Wah… Hilmy mulai error nih, kacau anterin Ra ke Magelang.” |
Rara | : | “Hidih…sorry nory straubery deh. Cemplon gituh….” |
Hilmy | : | “Daripada kamu, Oneng!.” |
Rara | : | “Cemplon.” |
Hilmy | : | “Oneng” |
Rara | : | “Cemplon.” |
Hilmy | : | “Oneng” |
Pak Achmad | : | “Eh, sut sst…..” ( Rara dan Hilmy diam ). “Teman-teman gimana kalau kita jadi saksi buat ijab qobul mereka.” |
Didil,Fina dan Emy | : | “Setuju, Pak!. Itu ide yang bagus.” |
Hilmy | : | “Idih… aku nggak mau Pak.” |
Rara | : | “Aku lebih-lebih, Mplon !.” |
Hilmy | : | “Aku, Oneng!.” |
Rara | : | “Aku!” |
Hilmy | : | “Aku!” |
Pak Achmad | : | “Sudah-sudah.” |
SCENE 5 | ||
PEMAIN : 1. Pak Achmad 4. Didil 7. Udin 2. Hilmy 5. Fina 3. Rara 6. Emy | ||
5. | ||
( Hari ini pelajaran English Morning. Udin yang tadi malam begadang telat masuk ke sekolah ). | ||
Pak Achmad | : | “Oke, tell about your feeling after you entered in this school and some lesson. And of course… with different away then the other.” |
Udin | : | ( Masuk kelas sambil mengendap-endap terus nyelonong duduk di satu kursi ). |
Pak Achmad | : | “Udin, why do you come late ?.” |
Udin | : | “Emm….still sleepy, Mister” ( Udin menjawab sambil tersenyum kemudian menguap ). |
Rara | : | “Pak sebagai hukuman bagaimana kalau nyanyi.” |
Pak Achmad | : | “Eit … in English please !” |
Rara | : | “Mmm…belum bisa, Pak…” ( Rara bertingkah manja ). |
Pak Achmad | : | “No problem we are learning together. How about your ideal ? Hm…..” |
Rara | : | “Cita-citaku …apa ya??. Oh ya, aku ingin jadi Presiden.” |
Semua Murid | : | “Ha…..” |
Hilmy | : | “Apa?. Oneng mau jadi Presiden?. Apa kata Dunia!.” |
Rara | : | “Nggak papa dong Plon!. Cita-cita |
| : | ( |
Udin | : | ( Udin kaget ). “Hm…..” |
Fina | : | “Udin itu hobinya tidur, Pak. Paling-paling dia pingin jadi Dewa Mimpi kayak dalam film Kera Sakti.” |
Emy | : | “Cocok banget tuh.” |
Didil | : | “Iya, benar apa katamu cocok banget tuh.” |
Udin | : | “Sok tahu loh. |
Rara | : | “Terus cita-citamu apa Din.” |
Udin | : | “Soccer Mania.” |
SCENE 6 | ||
PEMAIN : 1. Pak Achmad 4. Didil 7. Udin 2. Hilmy 5. Fina 8. Kame 3. Rara 6. Emy | ||
6. EXT : | ||
( Jam 15.30 WIB anak-anak | ||
Pak Achmad | : | “ |
Udin, Rara dan Emy | : | “Siap, Pak.” |
Pak Achmad | : | “ |
Hilmy,Didil dan Fina | : | “Siap.” |
Pak Achmad | : | “Baiklah, Kita mulai permainannya” ( |
( Permainanpun dimulai anak | ||
Udin | : | “Dukk! Aduh kepalaku kena.” ( Udin memegang kepalanya kesakitan ). |
Emy | : | “Din …kamu nggak papa.” |
Hilmy | : | “Woy, Udin. kamu nggak papa? Kamu masih kuat |
Udin | : | “Ss…Sakit, Hil. Kepalaku…..” ( Udin pingsan ). |
Rara | : | “Kamu sih, Mplon. Nendang bolanya kenceng-kenceng nggak hati-hati lagi.” |
Hilmy | : | “Ehh….Oneng akukan nggak sengaja.” |
Didil | : | “Sudah-sudah, kita angkat rame-rame aja si Udin kewarungnya Mak Titin.” |
Fina | : | “Ide bagus tuh ayo-ayo.” |
Hilmy | : | “Me… tolongin Me. Ambilin bangku!.” |
Kame | : | “Udin kenapa?.” |
Fina | : | “Kepalanya kena bola terus pingsan.” |
Kame | : | “Kok bisa gitu?.” |
Hilmy | : | “Udah… kamu nanyanya entar aja. Sekarang ambilin minyak kayu putih.” |
Kame | : | ( Kame masuk ke dalam warung kemudian keluar dengan membawa minyak kayu putih ). “Ini Hil….” |
Didil | : | “Sini biar aku saja yang ngurut’. ( Didil mengurut kepala dan lengan Udin ). |
Emy | : | “Eh…sudah jam setengah |
Fina | : | “Wow…jam setengah |
Hilmy | : | “Kalau gitu kami pulang dulu ya Me. Tolong tungguin si Udin. Habis mandi dan sholat kami kesini lagi.” |
Kame | : | “Ya.” |
( Sekarang tinggal Kame dan Udin di warung itu. Sambil menunggu Udin sadar Kame mengambil tabloid yang ada di dekatnya kemudian membacanya ). | ||
Udin | : | ( Udin sadar dan kaget karena hanya ada Kame yang di sampingnya ). |
Kame | : | “Eh… udah sadar Din ? ( Kame menatap Udin setelah tabloid itu diabaikan ). |
Udin | : | “Anak-anak mana ?” |
Kame | : | “Sudah pulang. Ini |
Udin | : | “Oh…” ( Udin nyengir sambil menahan rasa nyeri di dadanya ). |
Kame | : | “Kalau mau pulang biar aku anterin ….” |
Udin | : | “Eh…Nggak usah. Aku bisa pulang sendiri.” |
Kame | : | “Yakin? kau masih kuat ?” |
Udin | : | ( Udin tersenyum kemudian bangkit ). “ Makasih, Me. Kau hati-hati kalau ada sundel bolong mampir…..” |
Kame | : | “Iiih …sialan.” |
( Dari kejadian itu, mulaiah tumbuh perasaan cinta dalam diri Udin pada Kame. | ||
SCENE 7 | ||
PEMAIN :
| ||
7. | ||
( Setahun berlalu. | ||
Rara | : | ( Emy, Rara dan Fina masuk kelas. Mereka terkejut melihat kelakuan si Didil ).“Hai, Dil! Kamu kok ngerokok di dalam kelas sih !.” |
Didil | : | “Lho disinikan bebas berekspresi dan melakukan apa aja.” |
Emy | : | “Bebas ya bebas…tapi bebas yang dimaksud disini adalah bebas yang mengarah pada kebaikan.” |
Fina | : | “Dengerin tuh apa yang dikatakan Emy.” |
Didil | : | “Ah… cerewet kalian!.” |
Hilmy | : | ( Hilmy masuk kelas. Ia pun kaget malihat kelakuan si Didil ). “ Lho…kamu ngerokok Dil !.” |
Didil | : | “Begini nih yang dinamakan anak gaul.” |
Hilmy | : | “Tapi |
Didil | : | “Awas kalau kamu bilang sama |
SCENE 8 | ||
PEMAIN :
| ||
8. | ||
( | ||
Pak Achmad | : | “Didil…sini!” |
Didil | : | ( Didil beranjak dari tempat duduknya dan memenuhi panggilan |
Pak Achmad | : | “Kurang ajar ! PLAAK !.” ( |
Didil | : | “lho… kenapa |
Pak Achmad | : | “Kamu mau tahu apa kesalahanmu ?. Kamu itu sudah mau ngerusak sekolah ini!. Nanti temui saya di kelas.” ( |
Didil | : | “Din kau tahu nggak. Masak aku dikira mau ngerusak sekolah ini.” ( Didil masih memegang pipinya dan kembali duduk di samping Udin ). |
Udin | : | “Aku nggak ikut campur Dil ….” |
Didil | : | ( Didil menepuk punggung Udin sedikit keras ). “Ini semua gara-gara Hilmy. Anak sengak itu . Awas kau Hil !. Eh, Din kok kamu mau temenan sama Hilmy?.” |
Udin | : | “Kami memang temenan dekat, tapi akhir-akhir ini hubungan kami agak renggang. Dia sibuk dengan buku-buku Ensiklopedinya. Dan sudah tak peduli dengan ku.” |
Didil | : | “Tinggalin aja dia. Buat apa berteman dengan orang seperti itu. Mending gabung sama aku saja. Kita bisa bebas tanpa ada yang mengganggu.” |
Udin | : | “ |
Didil | : | “Besok pagi kutunggu kamu di gardu ujung Desa. Kamu akan tahu kebebasan sebenarnya.” |
SCENE 9 | ||
PEMAIN :
2. Udin | ||
9. EXT : DIGARDU – | ||
( Didil sedang duduk santai sendirian di sebuah gardu di ujung Desa. | ||
Udin | : | “Eh.. Dil…” ( Udin memanggil Didil ). |
Didil | : | “Eh, kamu Din….tak kiirain kamu nggak datang.” |
Udin : | : | “Jadi di sini tempat nongkrongmu kalau bolos sekolah.” |
Didil | : | “Iya, Din.” |
Udin | : | “Trus apa yang kamu lakukan disini ?.” |
Didil | : | “Ini dan ini …”( Didil menunjukkan dua buah benda ). |
Udin | : | “Itu apa Dil ?” |
Didil | : | “Ini alkohol dan ini serbuk ganja.” |
Udin | : | “Apa??? Kamu mengkonsumsi barang-barang seperti itu. Sesat kamu Dil.” |
Didil | : | “Eit…eit…eit…jangan bilang sesat dulu !. Kamu tahu tidak manfaat benda ini ?.” |
Udin | : | “Tidak.” ( Udin menggelengkan kepalanya ). |
Didil | : | “Polos banget kau Din. Sini aku jelasin. Dengan mengkonsumsi benda ini segala masalah yang ada di pikiran Kita akan terasa lenyap seketika. Kita akan memasuki dunia penuh imajenasi yang begitu mengasikkan. Kamu nggak percaya ?.” |
Udin | : | ( Udin diam tidak memberi jawaban ). |
Didil | : | “Kalau kamu nggak percaya, cobalah ini !. |
Udin | : | “Terus makainya gimana ???.” |
Didil | : | “Sini aku ajarin.” |
( | ||
SCENE 10 | ||
PEMAIN :
| ||
10. | ||
( Sudah beberapa hari Udin tidak masuk sekolah tanpa ada keterangan yang jelas. Dia masuk sekolah satu minggu satu hari dan itu Cuma jam olahraga. Hal itu membuat heran teman –temannya dan juga | ||
Rara | : | “ Ok, good posision… Before we begin the lesson lets pray together. Enough.” |
Emy | : | “What will we do today ? |
Hilmy | : | “Gimana kalau kita ….” |
Pak Achmad | : | “Sorry, boleh ngganggu bentar ?. Siapa yang kangen sama Mas Udin ? ” |
Fina | : | “Kenapa sih Pak ?.” |
Pak Achmad | : | “Jadi gini, ketidakhadiran Mas Udin selama itu tidak mengganggu pelajaran kita dianggap nggak jadi soal.” |
Emy | : | “Tapi |
Pak Achmad | : | “Asal nanti dia paham dan bisa menyusul kita itu sah-sah saja. Maksudnya dia bisa melakukan apa yang dia inginkan dengan sebaik-baiknya tapi kemauannya untuk belajar itu ada.” |
Hilmy | : | “ |
Pak Achmad | : | “Manusia nggak akan bisa hidup tanpa manusia lain. Dan tidak dikatakan egois jika ia tidak sengaja untuk merugikan orang lain.” |
SCENE 11 | ||
PEMAIN :
| ||
11. | ||
( Pagi ini | ||
Pak Achmad | : | “Welcome to mas Syamsudin. Plok….plok…plok….” ( |
Udin | : | ( Mengangguk dan sedikit tersenyum ).” |
Rara | : | “Udin kok nggak nanya sih kenapa Pak Achmad mau ikut terus di kelas kita.”( Rara menatap lurus ke Hilmy ). |
Hilmy | : | “Lho lihat obyeknya dong. Masak lihat aku. Wah Rara naksir nih sama aku nih. Aduh mendingan jangan Ra entar sakit hati lho…” |
Rara | : | “ |
Udin | : | “Tidak tahu.”( Udin menggelengkan kepala ). |
Fina | : | “Karena kelas tiga kita makin kacau Din. Kalau tidak dikasih pendamping egonya makin pada gede-gede.” |
Emy | : | “Filmnya gimana nih ?” |
Pak Achmad | : | “Oh ya, film !. Aku usul yang jadi aktornya Mas Udin.” ( |
Hilmy | : | “Kalem Pak, kalem. Gembes |
Pak Achmad | : | “Lho kok gembes sih, Hil ?.” |
Hilmy | : | “Iya Pak, gini ceritanya. Waktu aku, Udin dan Didil main petasan di tepi sawahnya |
Emy | : | “Ok, Kang Gembes, ku jelasin. Kelas kita |
Udin | : | “Casting apaan sih ?.” |
Hilmy | : | “Come one, Mbes. Akting jatuh cinta. Gampang kok.” |
Udin | : | “Wow…Jatuh cinta!.” |
Pak Achmad | : | “Ayo Mas Gembes.” ( |
Rara, Emy, Fina dan Hilmy | : | “Udin ! Udin ! Udin !...... Gembes ! Gembes ! Gembes !.” |
Fina | : | “Ok, cut. Aku setuju Gembes yang jadi Vino” |
Rara | : | “Gembes is the best.” |
SCENE 12 | ||
PEMAIN :
2. Fina 4. Hilmy | ||
12. | ||
( Proses pembuatan film pun berlangsung. Semua crew sudah stand by untuk syuting. | ||
Fina | : | “ |
Pak Achmad | : | “Maksudnya.” |
Fina | : | “Itu lho Pak si Gembes nggak pernah ikut syuting. Padahal dia |
Emy | : | “Aktornya lembek gitu gimana Pak ?.” |
Pak Achmad | : | ( Raut muka Pak Achmad berubah kecut. Kemudian dia terlihat mencari sesuatu ). |
Hilmy | : | “Nyariin apaan sih, Pak Achmad.” |
Pak Achmad | : | “Kunci motor !.” |
Hilmy | : | “Emangnya mau kemana Pak ?.” |
Pak Achmad | : | “Mau cari Si Udin dan Didil. Ini dia kuncinya. Nanti seusai sholat dzuhur anak-anak kelas tiga wajib ngumpul |
SCENE 13 | ||
PEMAIN : 1. 2. Hilmy 5. Fina 3. Rara 6. Emy | ||
13. | ||
( Anak-anak kelas tiga | ||
| : | “Ok, kita mulai dari siapa dulu nih?.” |
Rara | : | “Didil, |
| : | “Begini mas Didil. Kesalahan Mas Didil sudah begitu fatal dan sudah membikin saya marah.” |
Didil | : | ( |
| : | “Kenapa kok mas Didil malah membawa mas Udin main, bukannya mendukung buat syuting kelancaran film kita. Terus kok malah nongkrong di gardu ujung desa dan merokok. Dimana tanggung jawab Mas Didil atas nama baik sekolah ini. |
Didil | : | “ |
| : | “Oke, selesai ya ? clear ? Mas Didil akan menuliskan segala kesalahan dan solusinya sendiri. Sekarang giliran Mas Udin. Mas Udin masih mau syuting ?.” |
Udin | : | “Ya, Pak masih .” ( Udin mengangguk dengan polosnya ). |
Hilmy | : | “Terus kenapa kalau ada jadwal syuting kamu nggak datang. Cuma sekali doang. Itu pun pas bukan jadwalnya.” |
| : | “Terus tadi kenapa kamu nggak berangkat sekolah malah ikut si Didil ke gardu.” |
Udin | : | “Nggak papa lagi malas aja.” (jjawab Udin dengan santainya ). |
| : | “Mas Udin kenal dengan |
Udin | : | ( Udin hanya mengangguk ). |
| : | “Beliau diberi mu’jizat oleh Allah untuk bisa menyembuhkan segala jenis penyakit. Hanya satu penyakit yang benar-benar beliau sulit untuk menyembuhkan yaitu penyakit malas. Satu-satunya solusi adalah kita memang harus memaksa dan memotivasi diri kita untuk mengobati rasa malas itu.” |
Udin | : | ( Udin masih diam dan terlihat merenungkan kata-kata |
| : | “Oke, cukup untuk Mas Udin silahkan menulis kesalahan dan |
Udin | : | “Iya, |
Emy | : | “Gitu dong, Din. Itu baru namanya mas Gembes.” |
Fina | : | “Besok kami tunggu paling lambat jam enam untuk syuting terakhir. Awas kalau sampai nggak datang.” |
SCENE 14 | ||
PEMAIN : 1. Didil 4. Udin 2. Hilmy 5. Fina 3. Rara 6. Emy | ||
14. | ||
( | ||
Rara | : | “Fina, Emy, |
Fina,Emy dan Didil | : | “ |
Rara, Fina, Emy dan Didil | : | “ TENTANG MISTERI YANG YANG |
Hilmy | : | “Heh, bisa dipelanin dikit nggak ? Brisik tau.” |
Rara | : | “Eh…eh… Cemplon ngamuk, |
Fina, Emy dan Didil | : | “ |
Hilmy | : | “Hai, Din.” ( Hilmy duduk mendekati Udin ). “Masih ingat kame Din ?.” |
Udin | : | “Cupu banget. Gara-gara kamu nih aku ketularan.” |
Hilmy | : | “Lho, kok aku sih. |
Udin | : | “Tapi kamu tuh virusnya. Sok ngajarin tentang cinta segala. Yang akhirnya aku ditolak deh…………… ” |
Hilmy | : | “Aku juga sudah mutusin Icha.” |
Udin | : | “Hah ?” ( Udin kaget ). “Alah jangan gengsi, sononya |
Hilmy | : | “Nggak percayaan amat sih. Aku sadar,Din aku ini masih kecil. Jadi mesti |
Udin | : | “Banyak ceramah kamu.” |
Hilmy | : | “Eh…diomongin bantah ! Serius nih.” |
Udin | : | “Alah, Nonyet!.” |
Hilmy | : | “Idih… vocab-mu sudah nambah ya. |
Udin | : | “Aku bilang nonyet.” ( Udin mendekatkan mukanya tepat di depan kuping Hilmy ) |
Hilmy | : | “Sama aja, Gembes !.” |
Udin | : | “Ya nggak lah, Cemplon. M sama N itu |
Hilmy | : | “Lho mana ada kata….” |
Udin | : | “Alah …Cemplon blo’on.” |
Hilmy | : | “Dari pada kamu, Gembes…”. |
Udin | : | “Cemplon!.” |
Hilmy | : | “Gembes !.” |
Udin | : | “Cemplon!.” |
Hilmy | : | “Gembes………!.” ( Hilmy bangkit Sambil menjitak kepala Udin. Kemudian berlari ke luar ). |
Udin | : | “Awas kau, Cemplon.” ( Udin oun lari mengejar Hilmy ). |
SINOPSIS
Udin, Hilmy, Rara, Fina dan Emy begitu sangat enjoy sekolah di Alternatif School . Mereka dapat mengeksplor dan mengekspresikan bakat dan potensi mereka dengan tanpa adanya kekangan. Setahun berlangsung. Alternatif School berkembang begitu pesat. Murid-murid yang belajar di sana sudah mulai menunjukkan hasil karyanya.
Fina, dia membuktikan kalau artikel Onlinenya menumbangkan saingannya yaitu seorang kepala sekolah dari SMA Unggulan di Salatiga . Rara menulis Esai yang kemudian dimuat di media Indonesian-Aussea. Emy jadi artisnya Kompas. Si Udin pernah mau diikutkan turnamen sepak bola orang deawasa. Bahkan teater mereka sudah bisa dinikmati anak kampus. Namun, di sela-sela perkembangannya, Alternatif Scchool mulai di goncang beberapa permasalahan. Pokok permasalahan itu berasal dari salah seorang murid yang sudah terkena pengaruh buruk pergaulan kota . Kemudin Virus itu disebarkan luaskan kepada murid-murid di Alternatif School. Udin adalah salah satu korban yang terkena penyebaran virus itu. Pribadinya yang Introvert ( sangat pendiam ) berubah drastis dan mengarah pada tindakan-tindakan yang bertolak belakang dengan visi dan misi sekolah, misalnya : sering bolos sekolah, merokok, mimum minuman keras bahkan sampai tingkat mengkonsumsi narkoba. Pak Achmad selaku guru di Alternatif School berusaha keras untuk memecahkan masalah tersebut dan menyadarkan Udin dari kekeliruannya itu. Dengan kegigihan dan semangat kebersamaan, akhirnya permasalahaan itu dapat terselesaikan dan Udinpun bisa kembali seperti Udin yang dulu lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar